Jumat, 07 November 2014

Perusahaan

1.      Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
            Perusahaan adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mangkordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan (barang dan jasa) dengan motif keuntungan.
            Lingkungan perusahaan merupakan keseluruhan faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
            Pada dasarnya lingkungan dibedakan menjadi:
Ø  Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan.

Lingkungan eksternal dapat dibedakan menjadi:
a.       Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contohnya:
·         Keadaan alam       : SDA, lingkungan dan sebagainya
·         Politik                    : Kehidupan operasional sangat terpengaruh oleh politik
·         Hukum
·         Perekonomian
·         Pendidikan dan kebudayaaan
·         Sosial dan budaya
·         Kependudukan
·         Hubungan internasional
b.      Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh terhadap kegiatan usaha. Contohnya:
·         Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
·         Perantara               : distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian
·         Teknologi              : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, alat, dll
·         Pasar                      : sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan

Ø  Lingkungan Internal
Yang dimaksud dengan lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contohnya:
·         Tenaga kerja
·         Peralatan dan mesin
·         Permodalan ( pemilik, investor, pengelolaan dana )
·         Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
·         Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengembalian keputusan
2.      Perbedaan perusahaan dan lembaga sosial, yaitu:
            Perusahaan adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mangkordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan (barang dan jasa) dengan motif keuntungan.
·         Fungsi Perusahaan
Ada dua fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yaitu:

a.       Fungsi Operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan UU, dan fungsi operasi penunjang.

b.      Fungsi Manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.

            Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
            Fungsi lembaga sosial adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.
            Dengan demikian, yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, keuntungan, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menekankan prioritasnya pada tanggung jawab sosial. Sebaliknya, perusahaan meningkatkan nilai perusahaan.

3.      Tempat dan Letak Perusahaan
a.       Tempat Perusahaan
Tempat perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.

b.      Letak Perusahaan
Letak perusahaan serng pula disebut tempat kediaman perusahaan, yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.
Ø  Jenis Letak Perusahaan
Ada 4 jenis perusahaan:
1)      Letak perusahaan yang terkait pada alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam jadi dapat ditentukan oleh manusia, misalnya: usaha pertanian dan pertambangan.
2)      Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilokasi itu, misalkan kerajinan batik di daerah Surakarta dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam keratin.
3)      Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
Dalam hal ini pemerintah yang menentukan dimana perusahaan menjalankan aktivitasnya.
4)      Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri.

Ø  Perbedaan tempat dan Letak Perusahaan.
Perbedaan letak perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan terletak pada fungsinya. Tempat kedudukan perusahaan berfungsi sebagai tempat administrasi perusahaan tersebut dan cenderung ke kota-kota besar, sedangkan letak perusahaan berfungsi sebagai tempat mengolah produk (keadaan fisik perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional).

4.      Perbedaan antara Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro dalam Dunia Bisnis.
Lingkungan eksternal dapat dibedakan menjadi:
a.       Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contohnya:
·         Keadaan alam       : SDA, lingkungan dan sebagainya
·         Politik                    : Kehidupan operasional sangat terpengaruh oleh politik
·         Hukum
·         Perekonomian
·         Pendidikan dan kebudayaaan
·         Sosial dan budaya
·         Kependudukan
·         Hubungan internasional
b.      Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh terhadap kegiatan usaha. Contohnya:
·         Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
·         Perantara               : distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian
·         Teknologi              : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, alat, dll
·         Pasar                      : sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan
Sumber:


Posted on by Unknown | No comments

0 komentar:

Posting Komentar