Rabu, 26 November 2014

Akuntansi

  1.   Alasan saya mengapa saya memilih jurusan akuntansi adalah karena saya sangat tertarik dan sekali untuk memelajari ilmu akuntansi lebih dalam lagi. Dan saya berfikir kalau mempelajari ilmu akuntansi pasti sangat banyak manfaatnya. Dan saya berharap ilmu akuntansi bermanfaat dalam kehidupan saya untuk membantu saya untuk mengatur pengeluaran keungan saya sehari-hari, agar saya tidak terlau boros menggunakan uang yang diberikan oleh orang tua saya, dan kedepannya saya berharap sekali dengan mempelajari akuntansi saya dapat bekerja di sebuah perusahaan milik Negara bagian akuntansi.
  2. Bidang akuntansi terdiri dari beberapa bidang, yaitu:
  1. Akuntansi keuangan (financial accounting) : kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi hingga penyajian dalam bentuk laporan keuangan.
  2. Akuntansi biaya (cost accounting) : bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi.
  3. Akuntansi anggaran (budgeting accounting) :bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan anggaran perusahaan.
  4. Akuntansi pemeriksa (auditing accounting) : bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara bebas.
  5. Akuntansi manajemen (management accounting): bidang akuntansi yang melakukan pengembangan dan penafsiran untuk membantu manajemen dalam mengperasikan perusahaan.
Contohnya yaitu: akuntan public, akuntan swasta, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik.
  1. Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan? Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Adapun syarat-syarat untuk laporan keuangan, yaitu:
  • Relevan artinya bahwa informasi yang disajikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
  • Dapat dimengerti artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan secara jelas dan mudah dipahami oleh para pemakainya.
  • Daya uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
  • Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
  • Tepat waktu artinya bahwa laporan keuangan harus disajikan tepat pada waktunya.
  • Daya banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
  • Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.


Posted on by Unknown | No comments

0 komentar:

Posting Komentar