Mengapa
manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan
Karena
manajemen pemasaran berusaha mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan
dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Olehkarena itu
manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen
permintaan.
Perbedaan
kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
a.
Kebutuhan
Kebutuhan dalam
konsep inti pemasaran merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen
maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk
yang akan dipasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
b.
Keinginanan
Keinginan
merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh
sesuatu yang didambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena
seorang pemasar berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat
memajukan perusahaannya.
Perbedaan
pasar dan pemasaran
1.
Pasar
Pasar adalah
suatu tempat bertemunya penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi atas
barang yang diperdagangkan, sehingga menjadi sarana tempat menjual barang dan
membeli barang.
2.
Pemasaran
Pemasaran adalah
suatu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun non profit) guna
untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan barang maupun jasa, untuk dapat
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Bauran
pemasaran (marketing mix)
Bauran
pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program
pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep
universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran.
Bauran
pemasaran terdiri dari:
1. Produk:
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga,
maupun organisasi kedalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dbeli, maupun
dimiliki.
2. Harga:
Harga adalah sebuah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
3. Tempat:
Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat,
kualitas yang tepat dan jumlah yang tepat.
4. Promosi:
Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan
produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Sumber:
http://pengertian-skripsi.blogspot.com/2011/02/pengertian-bauran-pemasaran.html
0 komentar:
Posting Komentar